WELCOME

Blog ini hanya digunakan untuk kesenangan penulis saja, tetapi apabila blog ini dapat bermanfaat bagi khalayak banyak itu menjadi nilai spesial bagi saya. thanks... GBU

Selasa, 16 November 2010

Sistem Suspensi Secara Umum

             Suspensi adalah salah satu bagian dari kendaraan bermotor yang menentukan tingkat kenyamanan dan stabilitas dalam berkendaraan. Suspensi berfungsi sebagai peredam getaran atau goncangan yang diakibatkan getaran mesin atau gaya kontak yang timbul akibat pertemuan tanah dengan roda.
              Sistem suspensi diletakkan diantara roda dan rangka. Hal ini disebabkan karena getaran terbesar timbul akibat gaya kontak antara roda dan tanah (roda yang bersentuhan langsung dengan tanah). Sehingga apabila terjadi goncangan akibat jalan yang tidak rata, sistem suspensi dapat meredam getaran yang ditimbulkannya. Semakin baik sistem suspensi tersebut, maka semakin tinggi tingkat kenyamanan kendaraan tersebut. Sistem suspensi terdiri dari komponen utama yang berfungsi sebagai pengurang dan pencegah terjadinya getaran atau goncangan. Komponen itu adalah pegas dan peredam kejut.

Pada umumnya sistem suspensi dilengkapi dengan shock absorber dan terletak di bagian depan dan belakang. Shock absorber berfungsi untuk mengurangi guncangan jalan yang diterima roda. Pada saat yang sama mencegah frame dari guncangan jalan secara langsung, sehingga kendaraan nyaman dikendarai dan juga roda kendaraan akan menempel pada jalan lebih kuat. Selain itu, shock absorber membantu menambah kestabilan pada sepea motor dengan meneruskan gaya gerak dan gaya pengereman roda ke jalan.

 
*       Prinsip Kerja
              Sistem suspensi dapat digambarkan sebagai suatu piston yang ada aliran olinya dan mempunyai katup atau klep yang bergerak ke atas dan ke bawah yang di dalamnya ada seal cylinder, dimana oli harus menglir melalui lintasan oli di dalam piston, tetapi mengalirnya tertahan oleh aliran oli.
              Jika shock absorber ini tertekan maka oli akan mengalir melalui lintasan oli yang besar dan jika tertarik oli mengalir melelaui lintasan yang kecil. Oleh karena itu, jika shock absorber tertekan akan berjalan cepat, tapi jika tarik akan berjalan lambat. Dengan cara ini, getaran dari pegas koil dapat diredam.
              Mekanisme peredaman banyak macamnya, antara lain dengan pegas koil, oli, gas, karet dan lain sebagainya. Namun, yang sering digunakan adalah pegas koil. Dengan berkembangnya teknologi, bertambahnya laju kecepatan sepeda motor, maka pegas koil tidak dapat digunakan secara terpisah karena akan menimbulkan bunyi ketika terjadi getaran yang cukup besar. Oleh karena itu, dikembangkan penggunaan pegas koil digabungkan dengan peredam yang menggunakan tabung berisi oli atau fluida.
              Berikut ini adalah pengaruh besarnya diameter lubang aliran/ oriface dan kecepatan piston terhadap efek peredaman :






1.      Diameter lubang aliran/ orifice besar
      Efek peredaman/ bantalan kecil dengan kecepatan piston yang sama.
2.      Diameter lubang aliran/ orifice kecil
Efek peredaman/ bantalan besar dengan kecepatan piston yang sama.
1.      Kecepatan piston tinggi
      Efek peredaman besar dengan besar diameter       orifice yang sama.
2.      Kecepatan piston rendah
      Efek peredaman kecil dengan besar diameter orifice yang sama.




3 komentar:

  1. http://www.ellissloans.co.uk/http://www.ellissloans.co.uk/http://www.ellissloans.co.uk/http://www.ellissloans.co.uk/http://www.ellissloans.co.uk/http://www.ellissloans.co.uk/http://www.ellissloans.co.uk/http://www.ellissloans.co.uk/http://www.ellissloans.co.uk/http://www.ellissloans.co.uk/Нi, Nеat рost. Τhere iѕ a problеm
    along with youг ωebsіtе in ωеb exрloreг,
    cοuld test this? IЕ nonetheleѕѕ iѕ the marketplace leаder and a large pогtiоn οf peοplе
    will оmіt your greаt wгitіng beсause of
    this problem.

    Here is my homepage; quick cash
    Also see my site: %anchor_text%

    BalasHapus
  2. Very goοd аrtiсle! We
    will be lіnking to this particularly grеat аrticlе on our site.
    Keep up the goοԁ ωriting.

    Feel freе tо visit my site: short term loan
    my web site :: short term loan

    BalasHapus
  3. Fаntastiс beat ! I woulԁ lіkе to appгеntiсe while you amenԁ youг web sitе,
    how сοuld і subѕcrіbe for a blog
    web sitе? Тhe accоunt helped me a
    аcceрtаblе ԁeal.
    I haԁ been tiny bit аcquаinted of this youг brοadcаѕt provіdеԁ bгight clеaг concеpt

    Also viѕit my blog ρoѕt same day loans

    BalasHapus