WELCOME

Blog ini hanya digunakan untuk kesenangan penulis saja, tetapi apabila blog ini dapat bermanfaat bagi khalayak banyak itu menjadi nilai spesial bagi saya. thanks... GBU

Selasa, 16 November 2010

Analisa Ulang Sistem Suspensi Sepeda Motor JUPITER MX

PENDAHULUAN
1.1.         Latar Belakang
               Perkembangan teknologi kendaraan berkembang dengan pesat, dan banyak sekali cara manusia untuk mengembangkan teknelogi tersebut. Perkembangan teknelogi ini meliputi semua bagian kendaraan baik mesin maupun sasisnya. Kualitas mesin yang dihasilkan semakin efisien dan ramping sehingga daya beli dari barang tersebut semakin meningkat.
               Salah satu  pengembangan komponen sasis kendaraan adalah pemakaian pegas sebagai penahan beban dan getaran. Penggunaan pegas ini juga ditambah dengan komponen damper yang berfungsi sebagai peredam getaran yang ditimbulkan oleh pegas akibat adanya beban. Sehingga dapat mengurangi beban impak yang akan dialami sasis jika terjadi pembebanan yang terjadi secara tiba-tiba.
             
1.2.        Perumusan Masalah
Analisa dan perancangan ulang sistem suspensi sepeda motor Jupiter MX, merupakan permasalahan yang akan dirumuskan oleh penulis. Analisa dan perancangan ulang ini bertujuan untuk memudahkan pekerjaan yang membutuhkan data, spesifikasi, analisa tegangan, analisa biaya, proses produksi, analisa material, gambar teknik ataupun mekanisme kerja sistem suspensi kendaraan Jupiter MX.


1.3.        Pembatasan Masalah
              Analisa yang penulis lakukan adalah terbatas pada sistem suspensi yang terdapat pada sistem suspensi sepeda motor Jupiter MX. Analisa ini meliputi beberapa hal yang berkaitan dengan pegas ulir tekan yang tedapat di bagian dalam shock absorber-nya, yaitu analisa material, proses produksi, analisa tegangan, dan juga oli, estimasi biaya.
1.4.. Tujuan Penulisan
              Penulisan Tugas Perancangan  ini  adalah sebagai berikut :
*      Sebagai salah satu syarat kelulusan mata kuliah Tugas Perancangan.
*      Sebagai salah satu aplikasi dari teori yang telah diperoleh di bangku perkuliahan.
*      Sebagai sarana pembelajaran dalam perancangan sistem supensi pada sepeda motor Jupiter MX.

1.5.. Metode Penulisan
Langkah – langkah dalam penyelesaian laporan ini yaitu sebagai berikut :
a.   Pengukuran secara langsung data – data dan dimensi spesifikasi sepeda motor Jupiter MX
b.      Menganalisa mekanisme kerja sistem suspensi
c.       Menganalisa material yang digunakan untuk pegas
d.      Perancangan pegas
e.       Menganalisa proses produksi untuk pegas
f.       Menganalisa tegangan-tegangan yang terjadi
g.      Menganalisa faktor redaman dari oli peredam
h.      Menghitung besarnya gaya geser dari oli peredam
i.        Menanalisa besarnya frekuensi pribadi dari sistem suspensi
j.        Kesimpulan

1.6.. Sistematika
Sistematika penulisan laporan ini adalah sebagai berikut : BAB 1 adalah  Pendahuluan. Pendahuluan ini  meliputi latar belakang masalah, pembatasan masalah, tujuan penulisan, metode penulisan dan sistematika. BAB 2 adalah Landasan Teori. Landasan teori meliputi penjelasan teori pegas dan oli peredamnya secara umum. BAB 3 adalah Analisa dan Perhitungan Data. Analisa dan Perhitungan Data meliputi mekanisme kerja, proses produksi, analisa material analisa tegangan dan gambar teknik. BAB 4 adalah Penutup. Penutup ini meliputi kesimpulan dan saran dari semua kegiatan penyusunan laporan ini. 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar