WELCOME

Blog ini hanya digunakan untuk kesenangan penulis saja, tetapi apabila blog ini dapat bermanfaat bagi khalayak banyak itu menjadi nilai spesial bagi saya. thanks... GBU

Jumat, 27 Agustus 2010

"Proses Mixing dan Kompaksi"

1.Proses Mixing
Mixing adalah proses pencampuran berbagai material yang berbeda secara fisis atau kimia. Berbagai macam mekanisme mixing adalah:

a. Mekanisme drum berputar
b. Mekanisme kerucut ganda
c. Mekanisme menggunakan ulir pengaduk
d. Mekanisme menggunakan pisau pengaduk

2.Proses Kompaksi
Fenomena yang terjadi pada proses kompaksi yaitu serbuk yang akan dibentuk menjadi produk ditempatkan atau dimasukkan ke dalam die atau  cetakan  lalu diberikan tekanan pada serbuk, akibat dari tekanan menyebabkan serbuk tersebut akan tersusun secara teratur dan akan mengalami deformasi dan akan terjadi cold welding antara partikel-partikel serbuk (German 1994). Proses kompaksi dapat dilihat pada Gambar disamping.




Pada gambar disamping ada dua spesimen yang akan dikompaksi, perbedaannya adalah penekanan keatas, apabila penekanan dilakukan dengan dua sambungan maka nilai densitasnya akan merata. Berbeda dengan penekanan dengan sambungan tunggal, nilai densitasnya akan lebih besar di daerah yang dimensinya kecil akibatnya, nilai porositasnya juga tidak merata.



by.Andy 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar