WELCOME

Blog ini hanya digunakan untuk kesenangan penulis saja, tetapi apabila blog ini dapat bermanfaat bagi khalayak banyak itu menjadi nilai spesial bagi saya. thanks... GBU

Selasa, 24 Maret 2009

BANYAK CARA YANG DI LAKUKAN AGAR MUDAH BER PRESENTASI


Orang yang pinter belum tentu bisa menjadi presenter yang baik. Bisa dikatakan presenter yang hebat dipastikan punya kecerdasan komunikasi yang tinggi. Nah, kecerdasan komunikasi ini menjadi salah satu kecerdasan yang paling dominan yang menentukan kesuksesan seseorang (menurut penelitian beberapa perusahaan di Amerika). Kecerdasan logik ternyata hanya menempati urutan dibawah 10 besar.

Kembali ke judul tulisan ini. Adalah hal yang susah dalam menyampaikan sesuatu kepada kumpulan orang, pendengar (audience). Apalagi menyampaikan sesuatu dimana audience nya dari berbagai macam kalangan dan strata sosial. Jangankan audience nya beragam, di kampus saja rasanya masih perlu teknik dan variasi presentasi tertentu sehingga mahasiswa menjadi tertarik dan paham dengan isi presentasinya.

Dengan adanya teknologi informasi, sebenarnya ada bagian dari proses presentasi bisa teratasi. Terutama teknik visualisasi yang sangat membantu dalam memahami substansi presentasi. Tapi bagaimanapun juga, presenter tetap menjadi aktor keberhasilan penyajian. Performa, ekspresi dan knowledge termasuk ‘daya tarik’ presenter mesti mumpuni. Ini perlu latihan yang luar biasa. Dan jangan lupa, latihannya adalah hanya dengan melakukan presentasi sebanyak-banyaknya dimanapun dan kapanpun. Tanpa ini, jangan berharap menjadi presenter handal.

Banyak tips atau teori yang bisa dijadikan acuan dalam presentasi. Tapi perlu diingat, bahwa semua itu hanya berupa panduan hitam di atas putih. Kuncinya adalah kembali ke presenter bersangkutan. Pemahaman dan penjiwaan bahan presentasi tetap nomor satu.


Ada satu hal yang perlu diingat ketika akan menyajikan sesuatu. Yakinkan bahwa anda bak aktor atau selebrities yang ditonton oleh orang-orang dari berbagai belahan bumi! Anda menjadi pusat perhatian dunia saat itu! Jaga langkah dan nafas anda. Sinkronisasikan raut muka dengan senyum yang menawan dan alamiah. Jangan ingat tips atau teori presentasi yang tertulis di buku-buku. Lupakan semuanya. Yang ada adalah bagaimana anda bisa menjadi bintang saat itu.

ok

Tidak ada komentar:

Posting Komentar